Apa itu Mystery Shopping ?

Gambar
“Penggunaan individu yang dilatih untuk merasakan dan mengukur proses layanan pelanggan dengan bertindak sebagai pelanggan potensial dan dengan cara lain melaporkan pengalaman mereka secara terperinci dan obyektif. Kenapa harus Mystery Shopping ? Mystery shopping mengungkapkan sifat sebenarnya dari bisnis anda dengan memberikan respon yang obyektif dan dapat diandalkan dari perspektif pelanggan. Strategi disesuaikan dengan tujuan perusahaan, Mystery Shopping memberlakukan integritas karyawan dengan menunjukkan kepada mereka apa yang penting dalam melayani pelanggan. “Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengukur kualitas Strategi dan Pelatihan Layanan anda selain Mystery Shopping.”  (MRS – Market Research Society) KONSISTENSI ADALAH KUNCI  Setiap merek yang kuat memiliki kunci yang sama, dan itu adalah: KONSISTENSI Dari produk hingga jasa, konsistensi sangat penting untuk meyakinkan pelanggan bahwa  perusahaan  anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Sayan

Mystery Shopper Services Penerapan Mystery Shopping untuk manfaat lebih dan Laba


Sebagai sebuah strategi bisnis, terdapat cukup banyak pro dan kontra seputar mystery shopping. Salah satu stigma yang mungkin pernah Anda dengar adalah program ini dipandang sebagai sebuah cara untuk mencari-cari kesalahan pegawai.
Padahal, bila melihat konsep mystery shopping lebih dalam, Anda akan setuju bahwa strategi ini memberikan jauh lebih banyak keuntungan, bahkan untuk pegawai itu sendiri. Karenanya, kami mengajak Anda untuk memahami penerapan mystery shoppingyang sesungguhnya.
Pada dasarnya, penerapan mystery shopping secara tepat akan mendorong integritas pegawai. Mystery shopping dapat menilai kinerja pegawai Anda dalam kondisi alami lalu membandingkannya dengan strategi pelayanan pelanggan yang telah dicanangkan perusahaan.
Dari segi hasil yang didapatkan, catatan pengamatan mystery shopper dapat Anda jadikan bahan bermanfaat untuk evaluasi kualitas pelayanan pelanggan. Hasil tersebut menunjukkan siapa pegawai yang memberikan pelayanan dan kinerja di atas rata-rata dan sebaliknya.
Lebih komprehensif, hasil pengamatan itu kemudian menjadi bahan evaluasi untuk mengidentifikasi masalah sebenarnya. Anda mungkin saja menyadari bahwa sumber masalah bukan berasal dari pegawai yang kurang termotivasi, melainkan karena strategi yang ada ternyata kurang tepat dan sulit dipahami pegawai.
Ketika masalah sudah ditemukan, maka kemudian Anda bisa menyusun solusi yang tepat sasaran. Tak semata-mata langsung melakukan pemecatan, mystery shopping malah memberikan Anda pilihan penanggulangan terfokus. Misalnya saja, pemberian insentif bagi pegawai dengan kinerja memuaskan dan pemberian teguran atau konseling bagi pegawai dengan kinerja kurang memuaskan. Pilihan lainnya, bisa dengan pengadaan pelatihan pegawai, perombakan strategi, dan seterusnya.
Intinya, mystery shopping dapat diterapkan untuk memaksimalkan dan menyempurnakan pelayanan pelanggan. Di sini, hasil mystery shopping sebenarnya bukan mencari pihak yang bersalah, melainkan menemukan masalah, lalu membuat solusinya. Dengan solusi tersebut, Anda dapat membangun jaringan pegawai yang berintegritas terhadap diri sendiri maupun perusahaan. Ujung-ujungnya, brand Anda akan semakin dikenal dan disukai pelanggan karena pelayanannya yang prima!
“Pegawai yang terlatih dengan baik adalah pegawai puas. Pegawai yang bahagia akan meningkatkan kepuasan pelanggan” – Kevin Leifer (Stella Service)

Postingan populer dari blog ini

Kendala Marketing Perusahaan Besar

Apa itu Mystery Shopping ?